KOPDAR #1 "Kenapa Harus Kuliah di UK? (Inggris)"

KOPDAR #1 Sahabat Beasiswa Purwokerto
Pada hari kamis, 22 Desember 2016 Sahabat Beasiswa Chapter Purwokerto telah menyelenggarakan KOPDAR . KOPDAR  yang merupakan program kerja wajib dari Sahabat Beasiswa ini baru pertama kali di selenggarakan oleh Sahabat Beasiswa Chapter Purwokerto. KOPDAR atau Kopi Darat yaitu pertemuan yang sudah disepakati bersama disuatu tempat untuk mengenal satu sama lain atau dalam hal ini berbagi cerita atau pengalaman.
Acara yang diselenggarakan di Waroenk d’Best, dihadiri oleh 24 orang yang terdiri dari pengurus Sahabat Beasiswa Chapter Purwokerto dan Peserta KOPDAR. Pukul 15.25 acara dimulai dan dibuka oleh MC yang bernama Qonita salah satu pengurus dari SBCPurwokerto. KOPDAR yang berjudul “Kenapa Harus Kuliah di UK?(Inggris)” dimulai dan dibuka pada pukul 15.25 oleh MC yang bernama Qonita. Selang setelah acara dibuka, MC menjelaskan secara singkat mengapa harus kuliah di UK? Yang merupakan judul sekaligus tema KOPDAR pada saat itu. Setelah itu, MC memaparkan CV dari pemateri,  Jeffry Darmawan yang merupakan mahasiswa dari The University of Nottingham United Kingdom jurusan Statistics and Applied Probability.
Setelah MC membacakan CV, lalu dilanjutkan dengan sesi pemaparan dari pemateri tentang “Kenapa Harus Kuliah di UK?(Inggris)” yang ternyata bisa dilihat dari QS World Ranking, banyak University dari Inggris yang masuk 10 besar. Selain itu, pemateri juga menceritakan pengalamannya belajar di University of Nottingham, yang ia dapat dari beasiswa LPDP. Dimulai dari dia masuk, kesehariannya, perkumpulan mahasiswa-mahasiswa Indonesia yang di Inggris, tips dan trik hidup hemat di Inggris sampai suasana wisuda mahasiswa-mahasiwa di Inggris. Selain itu dia juga bercerita tetang tempat wisata yang terkenal di Inggris yang terkenal didunia, pengalamannya berkeliling eropa dsb. Dan yang paling penting dia mengingatkan untuk memulai dari dini belajar bahasa Inggris, karena di Inggris minimal harus mempunyai 6.0 IELTS yang sulit apabila tidak dipipil sedikit-demisedikit. Pemaparan dilakukan kurang lebih 30 menit.
Setelah pemaparan selesai, dilanjutkan dengan sesi diskusi atau sharing. Dari peseta yang ada, peserta sangat berantusias dilihat dari banyaknya peserta yang mengajukan pertanyaan-pertanyaan kepada pemateri. Pemateri pun menjawab satu persatu pertanyaan dari peserta dengan sangat hangat, membuat peserta tambah penasaran dan bertanya, ataupun diskusi kepada pemateri. Sampai tidak terasa sesi diskusi atau sharing tersebut telah berjalan selama 45jam lamanya. Dan waktu pun telah menunjukan pukul 17.30 an.
Karena waktu menjelang maghrib akhirnya pemateri memberikan kepada MC untuk melanjutkan acara. MC meminta kepada pemateri untuk mengemukakan Last Statementnya kepada teman-teman yang hadir dalam KOPDAR, “Mau kuliah dimana saja, tetap harus diplaning dan jangan lupa untuk belajar bahasa Inggris, khususnya IELTS , itu sangat penting” dikemukakannya. Setelah itu dilanjutkan dengan kesimpulan oleh MC yang berbunyi “ Jika ingin kuliah diluarnegeri, jangan cuman ingin kuliah asal kuliah diluar negeri, tapi harus juga  melihat rank dari Univesitynya, ataupun jurusannya, selain itu, jangan lupa untuk membuat planning sehingga terarah dan harus dimulai sejak dini untuk belajar bahasa Inggris karena merupakan dasar ketika ingin kuliah di luar negeri”.Setelah kesimpulan disampaikan oleh MC. MC pun menutup acara KOPDAR tersebut.
Harapan dari diselenggaranya KOPDAR tersebut adalah, teman-teman yang datang yang pastinya mempunyai tujuan mendapatkan pencerahan sehingga dapat mengatur diri atau membuat planning kedepannya untuk memperoleh cita-cita dan sehingga diharapkan teman-teman yang datang dapat termotivasi dan tidak mudah putus asa untuk menggapai mimpi yang diinginkan.


0 comments