Cara Mudah dan Gampang Membuat CV (Curriculum Vitae) secara online #Sharingiscaring

Hallo semuanya, Assalamualaikum wrwb. Semoga sehat selalu ya!
Yak langsung aja  kali ini gue mau sharing tentang "Cara Mudah dan Gampang Membuat CV (Curriculum Vitae) secara online" ini berdasarkan pengalaman gue pribadi yaa... dan gue rasa ini media paling gampang banget untuk bikin CV, apalagi buat readers yang mager bikin lewat corel atau photoshop, karena dari media ini kita tinggal edit2 aja sesuai kebutuhan kita. Yuk langsung aja simak step step berikut ini!
1. Pertama, readers harus mengetik web https://www.canva.com/ disini gue make medianya canva, yang menurut gue paling gampang, cuman belum banyak orang yang tau.


2. Step selanjutnya, dari halaman tersebut muncul beberapa pilihan, readers bisa pilih sesuai keinginan readers. Kalau saran gue sih, pilih aja Daftar dengan google, kalau elu2 pada udah terhubung dengan google, tapi kalau lu mager make google karena nanti notif canva bakal masuk di gmail lu, lu bisa make facebook, atau dafar make email yang lu punya, kali ini gue make   Daftar dengan google  karena web gue udah terhubung dengan gmail gue, jadi gampang aja. Liat gambar berikut ini ya. 

3. Step selanjutnya, setelah lu milih mau daftar make apa, itu bakal jadi akun canva lu, yang udah bisa langsung lu gunain. Kayak gambar dibawah ini. Setelah muncul home Canva dibawah ini, tinggalah tu lu ketik kata kunci di kolom "Search" dengan kata kunci "Resume" atau "Curriculum Vitae" . Liat lingkaran merah dibawah ini ya guys!

4. Setelah kalian search "Resume" bakal keluar gambar kaya gini guys. Fokus ke kolom bagian kiri, yang gue lingkarin merah, disitu banyak banget format CV yang bisa kalian pilih sesuai keinginan readers, kaya misal lu pengen lebih modern atau lebih klasik, bisa lu pilih2 sendiri sesuka lu, sekreatif lu, bisa lu search hehe oia INGET PILIH TEMPLATE YANG GRATIS YA, BIAR BISA NGESAVENYA GRATIS,KALAU KALIAN PILIH TEMPLATE YANG BAYAR, HARUS BAYAR KAYA MISAL ADA $0.5 BERARTI HARUS BAYAR $0.5
5. Lu bisa scroll keatas kebawah lewat ini nih gaes.
6. Bisa gunain icon disebelah kiri yang deret banyak itu
Penjelasan :
icon photo : itu buat milih photo yang bisa dijadiin background dr CV lu. bisa lu besar kecilin dengan ngeklik foto yang di layar kerja itu,

icon element : buat milih icon2 atau sticker2 yang lu butuhin buat ngisi CV misal tu, lu butuh bintang atau Star untuk ngerate kemampuan lu, lu butuh tabel, lu butuh diagram, atau pie diagram, bisa ditemuin disini . Disini bisa lu besar kecilin juga, ganti warna dengan klik icon yang lu pilih terus klik icon color yang pelangi itu loh , dan bisa lu geser2in sesuai keinginan lu



icon text : itu gunanya untuk memilih font, size, dsb disini juga bisa lu edit warna dari tulisannya, besar kecil tulisan lu, Caps lock juga bisa diatur,  spasinya, rata kanan kiri tulisan elu,  dan ketebalannya dengan gunain icon yang ada disini

NB : biar bisa keluar icon ganti font, size, warna, spacing itu, lu harus ngeklik type tulisan yang udah lu pilih sampai berwarna biru kaya dibawah yang gue tandain merah gede. 


Icon Video : ga terlalu penting, gue skip hehe
lanjut. 
Icon Background : hampir sama kaya kegunaan icon photo yaa.. 
Icon upload : di icon upload ini lu bisa nge upload foto yang bakal lu jadiin sebagai foto profil CV, bisa juga lu upload background untuk CV lu, disini setau gue engga ada ketentuan batas maksimalnya. 
untuk icon purchased, folder, and more menurut gue ga terlalu penting untuk pembuatan CV ini jadi ga gue bahas. 

LANJUUTTTTTTTTTT!

7. Cara gampangnya buat CV : 
a.  lu masuk ke template, 
b. pilih salah satu template yang lu senengin, inget pilih yang Gratis, dan sesuaikan template dengan kebutuhan konten yang bakal lu isi di CV 
Udah si gitu aja, lu bisa kreasiin sama menu2 yang udah disediain dari canvanya, yang udah gue jelasin tadi itu..  
-   

0 comments